Thursday, February 10, 2011

Yang Penting Buat Kulit

  1. BERSIHIN MUKA PAGI DAN MALAM

ternyata penting banget buat kamu untuk membersihkan wajah setiap pagi dan malam. kegiatan harian, perubahan hormon dan riasan bekerja sama membuat timbunan racun dan minyak pada wajah. jadi pilihlah pembersih, toner (pilih yang gak mengandung alkohol alias non-alcoholic) dan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kita. yang pasti, jangan terjebak dengan produk yang mahal. tapi carilah produk yang sesuai.

  1. MERAWAT KULIT

kulit ini harus dimanja-manja, gak mesti ke spa yang mahal. maksudnya adalah kulit wajah kita ini harus diperlakukan sangat baik. gak mesti sering-sering tapi cukup sekali atau 2X sminggu. contohnya adalah penguapan wajah (didihkan air, taruh dalam baskom, uapi wajah. halangi uap yang keluar dengan handuk di belakang kepala), masker dan pengelupasan. Tindakan-tindakan ini akan membuka sumbatan pada pori-pori kulit wajah. ketika sedang mengelupasi wajah (scrubbing), lakukuan gerakan memutar dengan lembut dan hati-hati. efek gerakan ini akan membuat merangsang peredaran darah di wajah sehingga kulit akan lebih sehat dan bugar.

  1. JANGAN LUPA OLAHRAGA

jangan pernah berolahraga karena keterpaksaan. lakukan dengan hati senang dan nikmati! berolahraga berarti juga membuang racun dalam tubuh kita sekaligus meningkatkan rasa pede dan membuat hati senang. apakah kamu melakukannya bersama teman-teman atau sendirian, berolahraga 4X dalam seminggu bener-bener akan membuat perasaan dan kondisi tubuh kita luar biasa oke. peredaran darah yang lancar akan membuat kulit kita lebih bersih dan jernih sehingga terpancarlah kulit yang sehat.

  1. JANGAN REMEHKAN MASALAH KULIT

perhatikan dengan seksama apa masalah kulit yang sering kamu hadapi. apakah terlalu sensi? sangat berminyak? komedo? terlalu kering? jerawat? atau kulit yang gak merata? kalo perlu pergilah ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya. apakah memang ada penyakit lainnya yang memperparah kondisi masalahmu kulit wajahmu itu? kalo menurut dokter kondisi itu bisa diatasi dengan produk wajah yang dijual bebas ya, jangan tunda sampai kondisi itu memburuk.

  1. JANGAN SAMPAI KEKERINGAN

air adalah jalan keluar yang paling alami untuk membersihkan sistem pada tubuh kita. para ahli menyarankan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap harinya dan gak lupa juga memberi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah-buahan segar. jangan lupa untuk mengkonsumsi ikan karena kandungan asam lemak esensialnya. zat inilah yang membantu tubuh menyerap air yang kita minum sehingga kulit kita senantiasa lembab dan bercahaya.

  1. JANGAN TAKUT PAKE RIASAN

Banyak riasan yang membuat kulit wajah kita malah bermasalah. Itu terjadi hanya kalo kita salah pilih riasan. Saat ini, kita mempunyai banyak piliian untuk menentukan rias wajah apa yang paling sesuai dengan kulit wajah kita. Lagipula, saat ini juga udah banyak banget riasan yang mempunyai efek menyembuhkan. Misalnya aja alas bedak yang juga membantu menghilangkan jerawat. Atau bedak tabur yang membantu mengurangi minyak pada wajah.

  1. LINDUNGI KULIT SEDINI MUNGKIN

Matahari adalah faktor perusak terbesar pada kulit kita. Penuaan dini, bercak hitam, keriput, sampai kanker kulit adalah efek seringnya kulit kita kena sinar matahari tanpa pelindung. Pastikan pelembab wajah kita udah mengandung SPF minimal 15 ya? Kalo kita berkeringat, jangan lupa untuk mengoleskannya lagi.

  1. TIDUR 8 JAM

Kalo badan kita lelah, gak mungkinlah wajah kita terlihat segar. Lihat deh efek kurang tidur. Wajah kuyu, mata berkantong dan merah. Itu belum termasuk menurunnya daya pikir otak dan kesigapan kita, loh. Jadi jangan ragu untuk tidur nyenyak minimal 8 jam setiap harinya.

  1. JANGAN CEPET MARAH

Jangan meremehkan emosi karena tingkat stres sangat berpengaruh pada kesehatan kulit kita. Saat kita sedang stres, kulit kita akan kehilangan zat gizi penting yang bernama AMP (Adenosine Monophosphate). Zat inilah yang membantu tubuh menghadapi rasa sakit. Nah, penting banget kan menghadirkan energi positif di sekeliling kita. Mandi adalah satu cara melepaskan stres. Seperti juga yoga, berteman dan ehem.. terapi aroma.

  1. JANGAN SIKSA DIRI

Kalo kulit cuma bersahabat dengan sayuran, buah dan ikan, apa kabar dong sama es krim, bakso, coklat... Tentu aja kita masih boleh makan makanan asyik itu asal dikontrol porsinya. Jangan kalap mengonsumsinya. Ya, minimal seminggu sekali boleh donk...

Sumber : dikutip dari tabloid Gaul



No comments:

Post a Comment