Tuesday, January 11, 2011

Bebas Dari Jerawat


Emang bisa? Jelas bisa kalo kamu ikuti aturan main di bawah ini...

  1. Bersih...bersih
    pilih pembersih yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat (salysic acid) dan gunakan paling sedikit 2 kali sehari. Tisu pembersih yang sekarang banyak dijumpai di toko kosmetik bisa berguna kalo kamu memang punya jadwal yang padat. Masker berbahan tanah liat (clay) mampu menghisap kelebihan minyak dan mengurangi bakteri pada kulit.
  2. Pengelupasan
    gunakan produk pengelupas (scrub) 3 kali seminggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran apa aja yang nempel pada kulit. Pilih produk yang mengandung butiran pengelupas lembut seperti jojoba.
  3. Lembabkan
    banyak orang yang mengira kalo orang berkulit berminyak gak perlu pake pelembab. Anggapan ini jelas salah karena setiap jenis kulit (berminyak sekalipun) tetep perlu pelembab. Hanya yang perlu diperhatikan adalah kadarnya aja. Pelembab amat perlu terutama buat kamu yang pake produk jerawat yang umumnya bersifat sangat mengeringkan. Menurut para ahli kulit, kulit mampu menyerap produk jerawat apabila dilembabkan lebih dulu. Kalo kulitmu tipe yang sangat berminyak, pilihlah pelembab yang bebas minyak (oil-free).
  4. Jangan dipegang
    perhatian buat kamu-kamu yang demen banget pencet-pencet jerawat; kini saatnya untuk mnghentikan kebiasaan buruk itu. Buruknya, pemencetan jerawat gak hanya akan membuat bekas luka pada kulit, tapi juga memindahkan bakteri dan kotoran yang nempel di jari tanganmu. Hal ini makin memperparah kondisi jerawat.
  5. Jangan kelebihan
    produk jerawat yang dipake berlebihan hanya akan memperberat kerja kulit. Apalagi kalo yang dipake obat jerawat. Mungkin maunya memang pengen cepet-cepet terbebas dari jerawat, tapi jadinya malah bikin kulitmu lebih kering dari sebelumnya. Parahnya lagi, kulitmu akan mengalami iritasi. Cobalah taktik terbaru dalam pengobatan jerawat; ulaskan produk yang mengandung asam salisilat (bisa dilihat dalam kandungan produk) di pagi hari untuk membuka pori-pori kulit dan produk yang mengandung benzoil peroksida pada malam hari untuk mematikan bakteri penyebab jerawat. Produk ini bekerja di bawah permukaan kulit.
  6. Sabar
    menurut para dokter ahli kulit, sebuah jerawat rata-rata akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Tapi, produk-produk jerawat saat ini bisa ditemukan dalam concealer yang bisa menutupi jerawat sekaligus menyembuhkannya. Hebat kan...
  7. Santai
    anggapan kalo makanan tertentu seperti coklat, kentang goreng dan pizza bisa menimbulkan jerawat adalah salah banget. Itu katanya ahli kulit sendiri loh. Selain bakteri dan kotoran, stres adalah penyebab munculnya jerawat loh. Kok bisa? Stres membuat hormon dalam tubuh kita melonjak gak karuan sehingga membuat tubuh memproduksi minyak berlebihan. Ujungnya ya terjadilah jerawat! Rasa gugup juga cenderung membuat orang memegang wajahnya dan memenceti jerawat (ayo ngaku!). Gimana cara menghindari stres donk? Kamu bisa berolahraga dengan teratur atau melakukan dengan meditasi.
  8. Pake tabir surya
    umumnya orang berpikir kalo sinar matahari akan membantu mengeringkan jerawat sehingga bisa sembuh lebih cepat tapi pengaruh keringnya itu justru dapat membuat jerawat lebih banyak lagi karena memicu tubuh memproduksi minyak lebih banyak lagi. Lindungi wajahmu dg tabir surya yg ber-spektrum luas (misalnya SPF-15, kalo warna kulitmu lebih putih, pilih yang lebih tinggi lagi) setiap hari. Kalo kamu pake produk jerawat atau sedang dalam pengobatan yang mengharuskan kamu meminum antibiotik, tubuhmu akan lebih sensitif lagi. Jadi, berlindung, berlindung, berlindung!
  9. Siap-siap
    jerawat bisa pecah dimana aja. Gak peduli kamu lagi candlelight dinner atau ujian. Jadi, kalo kamu lagi punya jerawat, jangan lupa bawa obat jerawat yang mengandung asam salisilat atau minyak tea-tree (bisa didapat di toko kosmetik alami) untuk meredakan kemerahan dan infeksi bila pecah nantinya. Untuk jerawat yang lagi lucu-lucunya (gede, merah banget dan panas), oleskan sedikit hydrocortisone 1% (bisa dibeli di apotik) untuk meredakannya.
  10. Sanitasi diri
    jerawat gak berjejalan begitu aja di wajah, kecuali kalo memang udah turunan. Jerawat adalah salah satu tanda kalo kita kurang memperhatikan kebersihan diri. Makanan memang salah satu menjadi alasan kenapa kita berjerawat. Mengkonsumsi makanan banyak serat seperti sayuran hijau dan buah serta minum air putih yang banyak membuat tubuh lebih mudah melakukan pembersihan sehingga jerawat pun males nempel di wajah. Olahraga dan kebersihan diri juga pencegahan terbaik agar jerawat ogah menghampiri kita.
  11. Ke dokter
    kalo kulitmu sulit diajak kerja sama dengan langkah-langkah di atas, konsultasikan aja dengan dokter kulit. Beres kan? Oia, jangan lupa menanyakan apakah resep yang diberikan dokter ada efek sampingnya atau gak.

Sumber : dikutip dari tabloid Gaul



No comments:

Post a Comment