Thursday, January 6, 2011

Kamu stres ujian?



menjelang ujian, kamu pasti stres. Kenali gejala-gejalanya


SAKIT KEPALA DAN SAKIT PERUT
nyeri terus-menerus di bagian kepala dan perut adalah tanda stres yang kamu alami termasuk berat.

BERKERINGAT ATAU BERDEBAR-DEBAR
dada terasa nyeri, merasa terperangkap, pusing, dan gak tenang. Gak salah lagi, kamu kena stres ujian!

KURANG TIDUR ATAU TIDUR TIDAK BERKUALITAS
waktu tidur yang berulang-ulang terusik karena kamu bangun di tengah malam menunjukkan kamu stres. Bahkan kalo waktu tidur terkesan normal, kamu mungkin merasa capek sepanjang waktu.

MOODY
stres bisa berkembang menjadi frustasi dan kamu mungkin gak bisa menahan tangisan padahal gak ada kejadian khusus yang bikin kamu sedih.

PERUBAHAN SELERA MAKAN
mendadak selera makan menurun, atau malah pingin makan terus. Keduanya menunjukkan kamu terkena stres ujian.

Solusinya...

Apa yang harus dilakukan? Cobalah berdiet. Pilih makanan yang membantumu berkonsentrasi. Sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung vitamin B. Kelompok vitamin B umumnya memperlancar aliran sistem syaraf. Para pakar juga menganjurkan vitamin C dalam dosis yang lebih tinggi kalo kamu dalam keadaan stres.

Vitamin B bisa didapat dari kacang-kacangan, susu, keju, sereal, daging tanpa lemak, ikan, telur. Ikan kaleng seperti salmon, sarden, makarel (tapi tidak ikan tuna) juga baik karena minyak omega yang dikandungnya bisa menghentikan produksi enzim yang membuat kamu stres.


Hindari minum kopi. Gantilah keinginan minum kopi dengan air putih atau teh herbal. Makanan kecil yang dimakan sering juga membantu konsentrasi. Makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen dan biskuit berkrim tidak disarankan.

Lebih baik cari panganan lain seperti apel, biskuit gandum, aprikot kering, kacang tawar, atau kraker dengan potongan keju tipis atau youghurt. Minumlah air putih yang banyak. Dehidrasi sebanyak 5% saja bisa mengurangi kemampuan berkonsentrasi sampai 20%.

sumber : dikutip dari tabloid Fantasi Teen


1 comment: