Tuesday, January 11, 2011

Pamer jasa? Gak penting lah

Betul sih, setiap orang berhak ngomong apa aja. Dan gak ada yang berhak ngedit tuh! Tapi mesti hati-hati juga. Ngomong yang gak penting, kayak pamer jasa atau ngungkit pertolongan yang udah dilakuin ke orang lain, gak baik juga lah... gak worth it aja gitu lho!

Apa ya, yang mesti kita lakuin?

  1. Jangan bete ketemu atau berteman dengan si tukang pamer jasa. Anggap aja dia cermin untuk kita berkaca. "hmm...gue kayak dia gak ya? Ah gak kok! Dan jangan sampai deh! Ngeselin soalnya.”
  2. Mesti dibilangin, nolong orang jangan pamrih. Dapat balasan atau gak, itu bukan urusan dia lagi. Apalagi yang dilakuin gak seberapa dari yang diomongin.
  3. Tanyain gini ke dia, "loe suka gak, abis ditolongin orang, terus orang itu cerita-cerita ke orang lain?"
  4. Atau gak usah ambil pusing sekalian. Dengerin dia ngomong dan gak perlu ngasih komentar.
  5. Biasa, dia makin menjadi-jadi kalau kita ~sebagai lawan bicara~ seolah-olah kagum dengan apa yang sudah dia lakukan atau "pasang muka" setuju sama isi omongannya.

Buat si pamer jasa...

  1. Sebaiknya sih mau terbuka sama kritikan lawan bicara. Saat teman ngasih masukan tentang kelemahan kita itu, usahakan tidak bersikap defensif. Kalau keukeuh merasa hanya dirinya yang benar, gimana mau berubah!
  2. Jika ada teman yang bilang cara ngomong kita bisa nyakitin orang lain dan bikin sebel orang yang dengar, jangan langsung marah. Cobalah mengevaluasi diri, sekaligus buktiin, benai gak wajah lawan bicara berubah jadi bete pas kita ngomong.
  3. Memang sih, butuh latihan terus-menerus biar kita semakin peka. Minimal ada kemauan untuk memperbaiki kekurangan kita. Itu artinya kita sudah mau bersikap lebih positif.
Sumber : dikuti dari majalah Aneka Yess

No comments:

Post a Comment