Monday, January 31, 2011

Ujian? Siapa takut?



SEMINGGU SEBELUM UJIAN
cobalah berlatih soal dari bahan ujian tahun-tahun lalu. Tapi beri waktu dirimu 20 menit lebih pendek dari waktu ujian yang akan kamu hadapi sebenarnya. Dengan begitu kamu terlatih mengerjakan soal ujian waktu lebih cepat.

DUA HARI SEBELUM UJIAN
kalo kamu suka lupa hafalan tertentu (mungkin istilah-istilah yang sukar diucapkan karena terlalu panjang), tulis deh di stiker post it dan tempel di kaca. Setiap kali lupa, kamu gak perlu membolak-balik buku sekedar untuk mengeceknya. Cukup lirik kaca!

24 JAM SEBELUM UJIAN
otak? Beres. Pulpen? Siap. Kalkulator? Lengkap. Siapkan semua tetek bengek dengan seksama. Gak lucu kan kalo kamu lupa bawa penggaris di ujian matematika?

15 JAM SEBELUM UJIAN
jangan begadang karena masih menghafal materi. Baca sekilas aja catatan yang udah kamu buat. Isi tubuhmu dengan makanan yang kaya omega-3 (supaya makin mudah berkonsentrasi) seperti ikan dan bayam.

12 JAM SEBELUM UJIAN
tidur cukup sangat penting untuk menghadapi ujian. Kalo kamu gak bisa tidur, jangan tatap langit-langit kamar. Bangun dan lakukan sesuatu selama 10 menit. Bolehkah bereskan koleksi CD-mu?

3 JAM SEBELUM UJIAN
pada pagi hari saat ujian berlangsung, kamu harus sarapan. Santaplah sarapan sehat yang mengandung gula sederhana (jus buah), karbohidrat kompleks (sereal atau roti panggang), dan protein (susu, telur, keju).

2 JAM SEBELUM UJIAN
jangan berangkat sekolah terlalu awal. Menunggu bisa bikin kamu makin stres. Dan jangan sekali-sekali berdiskusi tentang apa yang bakal ditanyakan saat ujian. Gak ada yang bisa meramalkan soal-soal yang akan muncul, bikin stres aja!

MULAI !
Pastikan kamu memakai arloji dan periksa berapa lama kamu menyelesaikan setiap soal. Selalu periksa halaman belakang kertas soal. Jangan sampai ada pertanyaan yang tertinggal.

JAGA KONSENTRASI
pikiranmu hampir pasti jadi blank selama beberapa saat menghadapi kertas soal. Itu wajar! Jangan jadi panik. Ambilah nafas, kunyalah permen manis, nyanyikan sepotong bait lagu dalam hati, atau gambar apa aja barang sebentar di kertas coretan. Dijamin otakmu kembali bekerja.

SELESAI !
Begitu ujian usai, jangan banyak cinconk. Bahkan kalo kamu merasa kurang berhasil dibanding yang kamu harapkan, gak perlu menyesal. Kamu kan gak mungkin mengulang waktu. Kalo kamu menyalahkan diri sendiri, ujian di hari berikutnya malah bisa making gagal.

Sumber : dikutip dari tabloid Fantasi Teen

No comments:

Post a Comment