Friday, June 24, 2011

AGAR KITA BELANJA GAK SIA-SIA


Yang ini ngasi tips gimana caranya supaya belanjaan kita gak sia-sia. Maksudnya mutunya lumayan bagus dan gak ngempesin dompet. Gak mahal belum berarti gak mutu lho..!

HUNTING TEMPAT
kalo mencari suatu barang, jangan cuma pergi ke satu tempat aja. Coba beberapa tempat yang kira-kira menjual barang yang kita cari.

BANDINGKAN HARGA
kalo harga barang yang kita mau beli gak bisa diajak kompromi sama kantong, jangan sedih dulu. Maksudnya, selama masih ada waktu, coba cari ke beberapa tempat yang menjual barang sama. Bandingkan harganya. Bukan berarti, kalo di tempat yang lebih jauh lebih murah kita harus samperin, sih. Dilihat juga, 'perjuangan' yang kita lakukan. Benar nih gak berat di ongkos? Benar nih beda harganya lumayan? Gitu lho maksudnya.

PENDEKATAN
pendekatan disini, maksudnya berani untuk nego harga. Kalo belanja di pusat grosir, ITC atau butik-butik yang berdiri sendiri, masih ada kemungkinan nego harga. Bahkan, bisa dapat bonus kalo kita pintar mencari selahnya. Misalnya aja, kalo kita beli barang di toko yang sama lebih dari 3 items, siapa tau kita bisa minta gratis satu barang lagi. Bahkan kalo kita berhasil mendekati si penjual akan jujur pada kita. Dia akan bilang kalo barang yang ini mutunya tidak bagus, atau barang itu stok-nya sudah lama dan sebagainya.

SESUAIKAN DENGAN DANA DI DOMPET
nah, kalo ini gak bisa dihindari lagi. Selagi uang masih mencukupi sebaiknya dilihat kembali dan dikaitkan dengan budget yang tersedia. Layak belikah barang tersebut. Atau sebenarnya kita masih bisa mendapatkan yang ternyata harganya lebih murah.

CEK MUTU DAN KUALITAS
ini harus lho. Mutu barang yang bagus harus diutamakan. Kualitas barang yang kita mau beli, juga sebaiknya diperhatikan baik-baik. Bahkan kalo perlu sedetail mungkin.

Sumber : dikutip dari majalah Kawanku


No comments:

Post a Comment