Friday, June 24, 2011

INGIN SEHAT DAN BUGAR??



Cara untuk sehat

DO BREAKFAST
bener loh, yang dibilang nyokap. Sarapan tuh, penting banget. Gak usah banyak-banyak! Mulai dengan makanan berprotein seperti roti dilapisi selai kacana atau scramble eggs. Kenapa kacang dan telur? Unsur protein yang terkandung di dalamnya, bikin kamu semangat.

CEMILAN SEBELUM LUNCH
Gak 'wajib' sih, tapi kalo iya, eat something crunchy seperti apel atau makanan ringan sehat lainnya yang membangkitkan selera makan siang kamu.

LUNCH
Ada baiknya, makan siang 6 jam dari waktu sarapan. Dengan protein seimbang tentunya. Ada ikan atau daging, tempe atau tahu, dan sayur. Tambah lauk lainnya juga boleh asal tetep yang bergizi. Kalo bisa sih, hindari goreng-gorengan. Supaya kesehatan kulit terjaga. Dan abis makan, minum air putih! Sekedar ngingetin, ikan tuna dan salmon tuh, mengandung unsur omega-3 yang bagus banget untuk otak kita.

AFTERNOON APPETIZER
Tetep cari makanan yang ringan. Atau coba aja minuman manis supaya kadar gula di dalam darah stabil. Air jeruk? Waw, asyik tuh!

MAKAN MALAM
Usahain makan malam sebelum jam 8. Juga dengan protein seimbang. Lebih oke lagi, pebanyak sayuran hijau. Kalo kira-kira dinner-nya terlalu malam, lebih baik ganti dengan buah-buahan seperti pepaya, apel, pir dalam jumlah lebih banyak.

MAKANAN PENUTUP
Gak kuat liat es krim di kulkas? Boleh sih tapi dikit aja ya... Pilih es krim rasa susu. Jangan rasa coklat. Sama seperti kopi, coklat juga bikin kamu susah tidur. Satu hal yang patut diingat, makanlah sesuai takaran perut kita. Jangan berlebihan!

Cara untuk bugar

JALAN KAKI
Gak usah lama-lama. 30 menit aja, udah bisa meningkatkan stamina tubuh, sirkulasi darah, dan ketahanan jantung. Gak kalah penting, olah raga selama 20-30 menit setiap 3 or 4 kali dalam seminggu.

THINK POSITIVE
Pikiran positif = berpikir sehat. Percaya deh, pikiran sehat akan memotivasi diri kamu untuk bertindak sehat.

MINUM AIR PUTIH
Sebanyak 70% tubuh kita terdiri atas air. Tubuh kita kan, gak punya tempat penyimpanan, makanya kita harus memberi suplai air secara teratur. Minumlah minimal 1,5 liter or 8 gelas air putih setiap hari.

TERTAWA ITU SEHAT
Gak cuma terbebas dari stres. Tapi tekanan darah turun, membentuk sistem kekebalan tubuh, melatih otot muka dan otot pernapasan perut. Manfaat lainnya, merangsang sirkulasi, melancarkan pernapasan, meningkatkan produksi endorphin yang fungsinya sebagai penghilang rasa sakit.

AWAS, SINAR MATAHARI
Sinar ultraviolet di siang hari mengakibatkan resiko kulit terbakar serta kanker kulit. Sebaiknya pakai topi, minum air putih yang banyak, dan gunakan sunscreen atau sunblock minimal SPF 15.

SUPLEMEN PUN PENTING
Makan teratur, bukan jaminan kebutuhan nutrisi kita sudah terpenuhi, loh. Banyak sayur dan buah-buahan yang kandungan kalsium dan zat besinya sudah berkurang. Nah, ini dia pentingnya mengkonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita seperti vitamin C dan E.

Sumber : dikutip dari tabloid Keren Beken

No comments:

Post a Comment