Saturday, June 25, 2011

MENGHINDARI DOMPET BOLONG



Namanya juga cewek. Yang tadinya kepingin Cuma window shopping, malah kalap belanja. Akhirnya dompet kita kayak bolong, duitnya gak tau ‘hilang’ ke mana. Kepingin menghindari si dompet bolong? Ini ada tipsnya!

SURVEI DULU
Rasanya sebel banget kalo setelah belanja barang, ternyata kita menemukan barang mirip yang lebih bagus, dengan harga murah pula! Ugh! Untuk menghindari ke-BT-an ini, gak salah kalo survei dulu. Terutama kalo barang itu mahal dan penting, seperti dress untuk prom. Tentukan di mana kira-kira tempat terbaik mendapatkan barang tersebut. Lalu sediakan satu hari menelusuri tiap toko mencari barang yang kita inginkan, yang paling cocok dan paling keren. Paling gak, kita jadi tau range harga dan kualitas, sehingga gak mudah tertipu.

PANTANG COBA
Kalau tujuan kita adalah survei, window shopping, atau sekedar nemenin temen belanja, tahan keinginan mencoba sesuatu seperti baju. Beneran, lho, bencana berawal dari sini, nih! Awalnya keliatan sepele: "iseng doang, kok!", sambil nungguin temen, daripada bengong". Tapi begitu baju yang kita coba pas dan kelihatan keren, setan-setan di kepala akan mulai bekerja! Yang awalnya iseng-iseng, pasti berakhir dengan kantong-kantong belanjaan di tangan. Makanya, coba-coba iseng ini jelas berbahaya sekali bagi kelangsungan dompet kita. Dari awal harus dihentikan!

ALARM TEMAN
Minta tolong teman yang pergi dengan kita untuk mengingatkan. Terutama kalo kalap kita mulai kumat. Kalo kata-kata larangan aja gak mempan, minta dia untuk mengingatkan buntut cerita kalo kita tetap nekat membelanjakan duit. Misalnya minta dia mengingatkan lagi kalo menghabiskan duit sekarang, kita gak punya uang beli tiket ke pensi minggu depan. Itu berarti gak bisa lihat gebetan kita yang manggung. Belum lagi mengingat akhir bulan masih beberapa minggu lagi, bisa gigit jari sambil bokek menunggu jatah uang saku berikutnya! Kalo sudah diingatkannya segitu jauh, dijamin otak sehat kita langsung kembali, deh!

BATASI UANG
Tinggalkan saja uang kita (beserta kartu ATM, kartu debit, atau kartu kredit) di rumah. Bawa uang secukupnya aja, untuk transportasi. Soalnya membawa uang lebih di dompet untuk window shopping atau survei sama aja dengan bunuh diri. Bahaya banget! Kalau nanti kita udah tau apa yang mau kita beli, baru kembali lagi dengan uang lebih! Ketika kita memang berniat membeli barang pun, bawa uangnya jangan terlalu berlebih. Uang lebih itu bisa kita simpan, untuk musim sale yang akan datang atau kalo ada kebutuhan lagi. Jangan sampai kita tergoda mempergunakan uang lebih tersebut. Kalo keempat tips ini dijalankan benar-benar, gak akan ada lagi deh, muka-muka sedih akibat dompetnya tiba-tiba 'bolong'!

Sumber : dikutip dari majalah Kawanku

No comments:

Post a Comment