Wednesday, June 22, 2011

TIPS MERAWAT OTAK


BEROLAHRAGA
Olahraga yang dilakukan secara teratur akan menimbulkan efek rileks pada sistem syaraf otat dan melancarkan aliran darah. Jenis olahraga yang dapat dilakukan antara lain : jalan santai, lari-lari kecil, dan berenang.

MELATIH DAYA PIKIR
dengan dan menceritakan kembali kepada orang lain, mengisi teka-teki silang, dan main permainan papan, serta belajar main instrumen musik merupakan cara untuk mempertajam pikiran. Menurut sebuah penelitian di University of Michigan, ngobrol bermutu dengan teman-teman / keluarga, selain mempererat hubungan karena terlibat dengan interasi sosial, berguna juga meningkatkan keterampilan ingatan dan fungsi kognitif.

ATURLAH STRESS
aturlah stress dengan cara mendengarkan alunan melodi musik yang lembut, misalnya alunan musik instrumental atau lainnya. Selain bertujuan melepaskan beban dalam pikiran, mendengarkan musik juga memiliki efek menghibur dan menenangkan.

ISTIRAHAT YANG CUKUP
tidurlah selama 6-8 jam per hari atau sesuaikan dengan kondisi tubuh. Yang perlu diingat adalah tidur harus berkualitas, misalnya sebelum tidur lepaskan semua beban pikiran agar tidur terasa nyenyak dan bangun dalam keadaan segar. Selain itu, aturlah waktuuntuk beraktifitas dalam agenda. Hal ini bertujuan agar aktifitas yang dilakukan selalu terjadawal dan terhindar dari lupa. Bila perlu luangkan waktu untuk mengerjakan hobi agar keluar dari kegiatan rutinitas yang membosankan.


MAKANLAH MAKANAN YANG SEHAT
selagi muda, makanlah makanan yang penuh syarat gizi dan menyehatkan agar terjaga ketajaman dan stamina otak. Makanan yang syarat gizi terdiri dari karbohidrat, lemak , protein, vitamin dan mineral.


HINDARI ROKOK DAN POLUSI
hindarilah tempat-tempat yang mengandung asap rokok dan polusi, karena asap rokok dan polusi dapat mengganggu stimulasi kerja otak. jadwalkan waktu untuk pergi ke suatu tempat yang bebas asap rokok dan polusi, seperti kemping ke gunung atau traveling ke tempat wisata yang alami.

Sumber : dikutip dari Hot Chord


No comments:

Post a Comment